Selundupkan Imigran ke Australia, Pria Sri Lanka Diamankan

KABAR MEDAN | Tim Satuan Tugas Pusat People Mabes Polri mengamankan pria asal Sri Lanka, Siwal Nayem (35). karena menyelundup kan imigran gelap ke Australia melalui jalur Sibolga. Tersangka diamankan dari ruma hnya di Jalan Mesjid, Gang Kuman Titi Papan, Medan Labu han. Selanjutnya, tersangka diserahkan Satgasda People Smugling Polda Sumut guna penyidikan lebih lanjut.

Informasi yang dihimpun, Sabtu ( 4/10/ 2014) menyebutkan, penangkapan tersangka bermula dari koordinasi antara Satuan Tugas Pusat People Smugling Mabes Polri dengan pihak Australia. Dari situ, keberadaan pria yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Mabes Polri itu pun terdeteksi di Medan.

Baca Juga:  Darma Wijaya Tinjau dan Santuni Korban Kebakaran di Tanjung Beringin: Hati-hati Bahaya Korsleting Listrik

Sepekan melakukan penyelidikan, tim berhasil menyergap Siwal saat duduk santai di kediamannya. “Saat ini kami masih memeriksa tersangka untuk melakukan pengembangan,” kata Kasubdit IV Renakta  Satgasda People Smugling Polda Sumut, AKBP Juliana Situmorang.

Dijelaskannya, tersangka disinyalir biasa menampung imigran gelap yang masuk ke Indonesia via Tanjung Balai . “Selanjutnya, dia memberang katkan imigran gelap itu ke Australia melalui jalur Sibolga, ” ungkapnya.

Baca Juga:  Darma Wijaya Tinjau dan Santuni Korban Kebakaran di Tanjung Beringin: Hati-hati Bahaya Korsleting Listrik

Sementara itu, tersangka mengaku sudah 5 tahun berada di Indonesia. Dalam periode itu, dia itu mengaku tidak bekerja dan hanya menggantungkan hidup dari wanita yang dinikahinya sejak 5 tahun silam.

Siwal juga mengaku sudah tidak lagi menyelundupkan manusia. “Terakhir sekitar 3 tahun lalu. Aku berangkatkan mereka (imigran) dari Sibo lga. Tapi waktu itu aku juga kerja sama orang. Aku dapat Rp1 juta setiap memberangkatkan seorang imigran,” jelasnya. [KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.