Tim Penanganan Kesehatan: Masalah Data dan Keraguan Kehalalan Masih Menjadi Masalah Vaksinasi

MEDAN, KabarMedan.com | Tim Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Sumatera Utara melalui Dokter Restuti Hidayani Saragih berharap bahwa vaksinasi yang dilakukan dapat diikuti oleh 32 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara selain Kota Medan.

“Masih ada yang membahas kehalalan padahal dari MUI sudah jelas. Kalau kita membandingkan sama India, kita lihat ratenya satu minggu bisa dapat 1 juta (vaksinasi), padahal demografinya jauh lebih besar daripada kita,” ujarnya, Rabu (10/2/2021).

Restuti Hidayani juga mengatakan bahwa proses vaksinasi di Sumatera Utara juga masih terkendala soal pendataan.

“Untuk vaksin tahap pertama ini ada orang yang tidak mendapat nomor registrasi di peduli lindungi. Kemarin sudah di atasi dengan boleh mendatangi faskes manapun. Tetapi belum mencapai target. Hingga salah satunya membuat pencanangan vaksinasi massal,” jelasnya.

Vaksinasi massal tersebut, kata Restuti adalah untuk menggaet orang-orang yang merupakan target prioritas yakni dokter, koas, asisten nakes, tenaga penunjang medis seperti supir ambulans dan tenaga kebersihan rumah sakit. Akan tetapi, masih banyak yang luput dari pendataan.

“2715 orang yang terdaftar sampai tadi malam. Di Jakarta minggu lalu sudah di Istora Senayan.
Sumut di bawah naungan Satgas Covid-19 Ini launching sebenarnya. Nanti Sampai satu minggu sampai tanggal 17,” tutur Restuti.

“Untuk target dokter dan nakes di Sumut di tahap awal diambil dari data dari KPC PEN adalah 74.000-an. Perlu saya sampaikan jumlah nakes ini selalu berkembang,” tambahnya [KM-06].

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.
KabarMedan.com adalah media digital independen terintegrasi terkemuka di Kota Medan yang merupakan Kota terbesar ke-3 di Indonesia, dan diakses oleh rata-rata 100.000++ visitor perhari dengan jumlah tampilan laman perhari rata-rata 1,6 juta pageviews. KabarMedan.com juga telah mendapatkan sertifikasi sebagai media terverifikasi dari Dewan Pers Indonesia, sehingga layak dipercaya oleh publik dan memiliki kredibilitas yang tinggi sebagai sumber informasi. Untuk pemasangan iklan/advertorial/media partner silahkan menghubungi kami via WhatsApp 0819613506 pada jam kerja Senin – Jum’at pukul 09.00 – 17.00 WIB.