Trenggiling Sitaan Dilepaskan Ke Dairi

MEDAN,KabarMedan.com |Sebanyak 225 ekor Trenggiling yang disita pihak Lantamal I Belawan diserahan ke Balai Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sumatera. Sebanyak 110 ekor di antaranya masih hidup dan akan dilepasliarkan di hutan Kabupaten Dairi.

“Trenggiling yang masih hidup akan dilepasliarkan ke Kawasan Suaka Margasatwa Siranggas, Dairi,” kata Kepala Balai Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sumatera Halasan Tulus, Rabu (14/6/2017).

Selain melepasliarkan satwa yang masih hidup, mereka juga akan melakukan pemusnahan terhadap 24 ekor diantaranya yang telah mati.”Trenggiling yang mati rencanaya akan dikubur,” ujarnya.

BACA JUGA

Saat ini petugas sedang menyusun berkas kasus tersebut. Dua orang dalam kasus ini masih dalam pemeriksaan petugas.”Kita melakukan koordinasi dengan interpol di bidang tumbuhan dan satwa liar,” pungkasnya.

Diketahui, Trenggiling itu diamankan tim gabungan WFQR (Western Fleet Quick Respone) Lantamal I dan Tim Libas Dispamal (Dinas Pengamanan TNI Angkatan Laut) Mabes AL dari kawasan Pergudangan 77 Titi Papan, Jalan Yos Sudarso, Medan Belawan.

Satwa dilindungi tersebut diketahui akan diselundupkan ke luar negeri. Total terdapat 225 ekor trenggiling dan 5 karung kulit basah serta 4 karung kulit kering. Belakangan tinggal 110 ekor trenggiling yang masih hidup.  [KM-03]

Komentar Kamu

LEAVE A REPLY