Gaya Hidup Orang Tua Dapat Menentukan Kesehatan Bagi Anaknya

MEDAN, KabarMedan.com | Saat terlahir, kita tidak bisa menentukan dan memilih siapa orang tua kita, pekerjaan ataupun kesehatan mereka. Kita tidak dapat menentukan apakah mereka merokok atau tidak, atau apa yang mereka makan saat kita masih anak-anak.

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa hal-hal tersebut dapat menentukan gaya hidup dan kesehatan kita sendiri, bahkan sampai dewasa.

Pentingnya karakteristik orang tua bagi kesehatan anak-anak mereka dapat dilihat dari dua mekanisme. Pertama, kondisi kehidupan yang buruk di masa kecil dapat menyebabkan keburukan pula di masa dewasa yang dapat mempengaruhi kesehatan.

Kedua, kesehatan itu sendiri ditularkan oleh orang tua kepada anak di luar dari warisan genetik keluarga. Kesehatan orang tua juga berpengaruh pada kesehatan anak-anak dengan menanamkan kebiasaan dan gaya hidup.

Contoh dalam sebuah penelitian, jika orang tua merokok ketika anaknya masih kecil, maka ada kemungkinan anak tersebut akan merokok saat dewasa.

Jadi, gaya hidup yang diperoleh orang tua akan sangat berpengaruh bagi kehidupan dan kesehatan pada anak mereka. [KM-102]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.