Jangan Dibuang! Rambut Jagung Memiliki Sejumlah Manfaat untuk Kesehatan

MEDAN, KabarMedan.com | Pada umumnya, bagian dari tumbuhan jagung yang dikonsumsi hanyalah jagung saja, sedangkan bagian seperti rambut jagung pasti akan dibuang dan menjadi limbah.

Tapi jangan salah, mulai sekarang rambut jagung jangan dibuang lagi ya, karena berdasarkan dari berbagai sumber rambut jagung memiliki banyak kandungan nutrisi. Dikutip dari Okezone, rambut jagung memiliki kandungan protein, kalsium, karbohidrat, natrium, magnesium, dan garam. Selain itu, didalamnya juga terdapat kandungan minyak atsiri, alakoid, tanin, sitosterol dan nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut ini sejumlah manfaat dari rambut jagung bagi kesehatan tubuh:

  1. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Rambut jagung yang mengandung flavonoid terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Kolesterol tinggi yang dapat mengurangi risiko menumpuknya lemak dan zat lain di dalam/dinding arteri. Hal itu dapat menjaga jantung agar lebih sehat.

  1. Mengurangi tekanan darah tinggi

Rambut jagung dapat bertindak sebagai zat yang membuang air dan garam berlebih dalam tubuh melalui urine. Tak hanya itu, dengan mengeluarkan cairan berlebih dari tubuh rambut jagung juga dapat mengobati tekanan darah tinggi. Salah satu cara untuk mengonsumsi rambut jagung dalam mengurangi tekanan darah tinggi yaitu dibuat sebagai teh rambut jagung.

  1. Mengurangi kadar gula darah

Dalam sebuah penelitian internasional menunjukkan bahwa rambut jagung mengandung polisakarida yang dapat membantu mengurangi kadar gula darah secara signifikan. Rambut jagung dapat mengurangi kadar gula darah dan dapat membantu mencegah diabetes.

  1. Menurunkan depresi

Penelitian menunjukkan bahwa rambut jagung memiliki zat anti-depresi yang diinduksi dari streptozotocin.

  1. Mempercepat penurunan berat badan

Mengonsumsi rambut jagung juga bisa dilakukan untuk kamu yang sedang diet. Dengan minum teh rambut jagung dapat membantu kamu dalam menurunkan berat badan karena rendah kalori. Minum teh rambut jagung akan membuat kamu merasa kenyang, meningkatkan metabolisme, serta mempercepat proses pembuangan zat-zat jahat dari tubuh. [KM-102]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.