COVID-19 Varian B.1.617 Belum Terdeteksi di Sumatera Utara

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut, dr Aris Yudhariansyah.

MEDAN, KabarMedan.com | Varian COVID-19 India atau yang juga disebut B.1617 belum terdeteksi di Sumatera Utara. Masyarakat diimbau untuk terus waspada terhadap penularan COVID-19 dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Sejauh ini virus corona belum ada kita deteksi,” ungkap Jubir Satgas Covid-19 Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah, Minggu (2/5/2021).

Sebagaimana diketahui, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta provinsi-provinsi di Sumatera, Jawa Barat, dan Kalimantan untuk lebih berhati-hati dan selalu mengontrol pandemi COVID-19 sekaitan dengan sudah terdeteksinya 10 orang di Indonesia yang terjangkit.

Baca Juga:  Dalam Sehari 280 Orang Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Sumut

Menurutnya, untuk mengontrol masuknya virus itu cukup sulit karena kawasan Sumatera merupakan pintu gerbang jalur laut yang memudahkan orang untuk perjalanan ke luar atau masuk di Selat Malaka.

Meski begitu, dalam hal penangananya, Satgas COVID-19 masih berpedoman pada edaran yang digunakan BPBD selama ini. Artinya, jelas dia, penanganan untuk virus corona mutasi India ini, diperlakukan sama dengan COVID-19 pada umumnya.

Baca Juga:  Dalam Sehari 280 Orang Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Sumut

“Penanganan khusus tidak ada, masih normal untuk penanganan COVID-19,” jelasnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agara terus waspada terhadap penularan Covid-19. Di samping itu dia mengingatkan agar tetap konsisten menerapkan perilaku 5M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, menghindari mobilisasi dan interaksi. [KM-05]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.
KabarMedan.com adalah media digital independen terintegrasi terkemuka di Kota Medan yang merupakan Kota terbesar ke-3 di Indonesia, dan diakses oleh rata-rata 100.000++ visitor perhari dengan jumlah tampilan laman perhari rata-rata 1,6 juta pageviews. KabarMedan.com juga telah mendapatkan sertifikasi sebagai media terverifikasi dari Dewan Pers Indonesia, sehingga layak dipercaya oleh publik dan memiliki kredibilitas yang tinggi sebagai sumber informasi. Untuk pemasangan iklan/advertorial/media partner silahkan menghubungi kami via WhatsApp 0819613506 pada jam kerja Senin – Jum’at pukul 09.00 – 17.00 WIB.