Dinkes Sumut Distribusikan 34.060 Vial Vaksin COVID-19 ke Mebidang

Sebanyak 34.060 vial vaksin COVID-19 didistribusikan ke Deli Serdang sebanyak 9.060 vial, Kota Binjai 5.000 vial dan Kota Medan sebanyak 20.000 vial. Foto : KabarMedan.com

MEDAN, KabarMedan.com | Dinas Kesehatan Sumatera Utara hari ini, Rabu (13/1/2021) mendistribusikan vaksin Sinovac buatan China ke Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deli Serdang (Mebidang) dengan jumlah total sebanyak 34.060 vial.

Kepala Seksi Kefarmasian Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Sumut, Nelly Murni merinci, 34.060 vial itu didistribusikan ke Deli Serdang sebanyak 9.060 vial, Kota Binjai 5000 vial dan Kota Medan sebanyak 20.000 vial.

“Selain vaksin juga kita distribusikan perbekalan di dalam pelaksanaan vaksin. Terdiri dari ADS, alcohol swab dan safety box. Alhamduliallah sampai hari ini yang sudah direncanakan sudah berjalan dengan lancar,” katanya ketika ditemui di Ditemui Gudang Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumut.

Kepala Seksi Kefarmasian Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Sumut, Nellly Murni merinci, 34.060 vial itu didistribusikan ke Deli Serdang sebanyak 9.060 vial, Kota Binjai 5.000 vial dan Kota Medan sebanyak 20.000 vial. Foto : KabarMedan.com

Pihaknya masih menunggu koordinasi dengan Biofarma untuk kedatangan vaksin tahap 2. “Kita tunggu koordinasi dengan Biofarma untuk kedatangan vaksin tahap 2, nantinya akan didistribusikan kepada kabupaten/kota lainnya,” katanya.

Sementara itu, Pengelola vaksin, Seksi Imunisasi dan Surveilance, Dinkes Kota Binjai, Noni Lusiana Sipahutar menjelaskan, pihaknya membawa sebanyak 5.000 vial untuk vaksinasi yang dikhususkan untuk tenaga kesehatan. Di Kota Binjai, terdapat 2.490 tenaga kesehatan yang akan mendapatkan 2 dosis vaksin.

Baca Juga:  Satgas Tegaskan Sosialisasi Vaksinasi Terus Dilakukan Secara Masif

“Kita mendapatkan 5.000 vaksin untuk memenuhi kuota tenaga kesehatan yang akan disuntik tahap pertama ini, sebanyak 2490 sasaran nakes di Kota Binjai,” katanya.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Medan, dr. Mutia Nimphar menjelaskan, Kota Medan mendapatkan 20.000 vaksin beserta logistiknya seperti alkoholnya swab dan lainnya. “20.000 untuk Medan ini kan untuk awal, untuk tenaga kesehatan dulu sesuai arahan,” katanya.

Dikatakannya, setiap tenaga kesehatan akan mendapatkan 2 dosis. Dengan demikian, jumlah tenaga keseatan di Kota Medan yang akan menjalani vaksinasi sebanyak 10.000 tenaga kesehatan,” katanya.

Petugas Dinas Kesehatan Kota Binjai menyusun vaksin ke dalam mobil yang baru diambil dari gudang farmasi Dinkes Sumut pada Rabu (13/1/2021). Foto : KabarMedan.com

Menurutnya, vaksinasi ini nantinya akan dilakukan untuk jajaran di Dinas Kesehatan Kota Medan, dan juga tenaga kesehatan yang ada di Medan termasuk tenaga kesehatan di rumah sakit yang sudah mendaftarkan anggotanya untuk divaksin. “Untuk sementara masih cukup ya. Kalau kurang kan (masih) pendataan belum semua terakomodir,” ujarnya.

Baca Juga:  Zona Merah Meningkat, Satgas Minta Daerah Untuk Evaluasi Kebijakan Penanganan

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan menyebut jumlah vaksin yang masuk ke Sumut pada Selasa (5/1/2021) siang, sebanyak 40.000 vaksin. Vaksinasi di Sumut, lanjut dia, direncanakan pada 14 Januari 2020.

Pantauan di lapangan, vaksin tersebut ditempatkan ke dalam kotak. Pertama kali vaksin dijemput oleh mobil Dinkes Kota Binjai dan dikawal oleh pihak kepolisian. Setelah itu baru dari mobil dari Dinkes Kota Medan datang menjemput dengan mobil bak belakang ukuran kecil. Hingga siang hari, dari Deli Serdang belum terlihat di lokasi. [KM-05]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.
KabarMedan.com adalah media digital independen terintegrasi terkemuka di Kota Medan yang merupakan Kota terbesar ke-3 di Indonesia, dan diakses oleh rata-rata 100.000++ visitor perhari dengan jumlah tampilan laman perhari rata-rata 1,6 juta pageviews. KabarMedan.com juga telah mendapatkan sertifikasi sebagai media terverifikasi dari Dewan Pers Indonesia, sehingga layak dipercaya oleh publik dan memiliki kredibilitas yang tinggi sebagai sumber informasi. Untuk pemasangan iklan/advertorial/media partner silahkan menghubungi kami via WhatsApp 0819613506 pada jam kerja Senin – Jum’at pukul 09.00 – 17.00 WIB.